FEDORA SEMAKIN MENGGODA

upss… judulnya iklan banget ya.. ya tapi memang seperti ini kenyataanya karena linux fedora core 8 sekarang ini makin ruarrr biasa and semakin mudah digunakan.. pokoknya plug and play nya dah oke bangetzz…

hal ini saya alami sendiri ketika kemarin saya terpaksa harus mengganti notebook compaq presario 2500 yang dibelikan kantor sekitar tahun 2004 karena sudah ndak kuat lagi melayani diriku jadi ganti dengan toshiba portege m600 lagi-lagi dibelikan oleh kantor ini.. kalau beli sendiri ya nanti dulu.

kalau dipikir-pikir apa hubungannya laptop baru sama fedora yang makin menggoda ya.. koq ngelantur ya.. back to topic!!!!

jadi awal ceritanya seperti ini :

setelah pagi hari notebook lama saya dipastikan mati bersama data-data saya di hardisk sebesar 80gb itu saya langsung kontak mbak asti (atas saran mas jhery loh) untuk meminta notebook pengganti.. begitu dapat lampu hijau langsung degh kontak harisma cari notebook yang sesuai budget.. eh gak ada.. terus ke computa deh… disana terhubung dengan bu dewi dan bilang kalau masih ada stok toshiba portege m600.. ya wis langsung pesen n siang itu juga saya ambil dengan ditemenin mas jhery ke computa..dari computa langsung ke lab untuk mencoba nih notebook baru. begitu dinyalain jreng!!!!.. loading deh tuh notebook dengan windows vista basic preinstallnya..lihat tampilan awalnya wuihh kerennn nihh si pista… begitu mencoba menginstall aplikasi.. ting tong…. alert messagenya muncul dah… ini vista bawel banget yak…

disinilah masalah dimulai… mulai dari software-software yang ndak kompatibel dengan nih vista sampai hardware tambahan yang ndak bisa dipakai gara-gara drivernya ndak support vista.. huh… akhir coba install windows XP yahh gagal dehh karena win XP sp2 kan belum support SATA driver… akhirnya keputusan bulat si vista tak tendang dan saya ambil dvd installer fedora core 8 dari almari terus tanpa ba bi bu langsung install deh itu fedora..

setelah fedora terinstall coba jalankan di notebook ini saya jadi tercengang sendiri karena hampir semua hardwarenya bisa digunakan sampai wirelessnya pun bisa dipakai tanpa konfigurasi macem macem… cuma yang masih kurang web camera bawaan nih notebook belum bisa nih… terus masalah aplikasi windows gimana dong.. kan ndak bisa jalan di linux… waduh… untung ada emulator wine dan crossover.. dengan emulator ini ms OFFICE 2003 bisa selingkuh dengan fedora loh… terus untuk install winenya begimana?.. ternyata cukup mudah asal udah online ketik saja yum -y install wine terus tinggal tidur deh.. ntar juga selesai sendiri..

eh eh iya kelupaan bluetooth gw gimana nggunainnya?… nahh ini tenang saja asal sudah terinstall bluez semua beres.. detail konfigurasinya nanti ya di tulisan yang lain..

ntfs partisinya gimana dong…? ini dia nihh bikin daku makin tergoda sama fedora 8 ternyata ntfsnya sudah automount and read+write…

tapi nanti modem telkomflash saya pasti ndak bisa dipakai nih (berpikir sejenak)…. **ide muncul*** gimana kalau coba ketik “dmesg | grep GSM” dorrrrr…. emaakkkkk ternyata adaaaaa….. langsung degh pakai kpp buat bikin koneksi… atawa wvdial..

mmmmm jadi yang belum apa yaa….

***berpikir sejenak****

OFFICE saja bisa selingkuh sama fedora.. kenapa saya kagak lamar saja itu fedora jadi pendamping toshiba portege m600 ane… OH FEDORA I Love U…

nb : ingat jangan baca artikel ini mentah mentah tapi telaahlah..

6 Balasan ke FEDORA SEMAKIN MENGGODA

  1. yupikoo mengatakan:

    Mohon beri saya petunjuk tentang installasi web cam di fedora core 5, sebagai info saya menggunakan web cam sonix sn9c120. thanks

  2. Harmi Prasetyo mengatakan:

    maaf mas belum bisa membantu nih untuk web cam karena saya juga belum menemukan caranya masih cari-cari nih mas

  3. chandra mengatakan:

    Sip. Mantap Skali tulisannya mas, jadi pengen coba Fendora jga nih, kbetulan …. punya P m600 jga … sst punya kantor tapi ….

  4. Fahrisal Akbar mengatakan:

    Saya pake linux mint versi 6 dan saya gandeng dengan vista ultimate tp dengan partisi yg beda….
    Wah, gimana nich mas….Cam aku gak jalan di LINUX MINT….
    Ada saran gak mas….

    Terima kasih ya Mas Harmi….

  5. ricky setiadi mengatakan:

    Saya dah beberapa kali coba install Fedora mulai dari 5 – 8, namun SATA DELL 1420 saya tidak dikenal. Ketika instalasi, fedora meminta saya untuk memasukan driver dari SATA-nya.

    Ada ide buat solusinya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: