Managing Software Development Projects

Isi materi :

Why software development project management? Key issues on software project management. Outlook for project management and software development methodology. Managing the processes. Managing the resources. Managing the qualities. Why the project fails? Q&A

Why software development project management? Karena sumber daya proyek sangat terbatas. Karena juga proyek software memiliki karakterisnik unik yang berbeda dengan proyek di bidang lain. Produk software adalah produk non fisik, produk lojik yang sistem ukurannya lebih abstrak. Oleh karena itu, estimasi ukuran proyek software juga lebih sulit dilakukan. Perubahan adalah bagian inheren dari proyek software.

Key issues on software project management. Isu umum dari kebanyakan proyek paling tidak ada 2, yaitu 1) bagaimana proyek dapat diselesaikan tepat waktu, tepat budget, dan tepat kualitas, dan 2) bagaimana mengelola proyek apabila environment berubah. Proyek software paling tidak memiliki 3 isu khusus, yaitu 1) bagaimana melakukan estimasi 2) bagaimana mengatur goal, lingkup, perubahan requirement, dan resiko, serta 3) melakukan trade-off parameter-parameter.

Outlook for project management and software development methodology. Ada dua bidang disiplin yang saling bersinggungan, yaitu software project management dan software development methodology. Keduanya harus dipahami secara baik. Untuk memahami disiplin software project management, kita bisa buka lagi PMBOK (Project Management Body of Knowledge) ttg area-area management (manajemen waktu, lingkup, proses, kualitas, perubahan, komunikasi, dll) dan proses-proses management (inisiasi, perencanaan, eksekusi, kontrol, dan penutupan). Untuk memahami disiplin yang satunya lagi, kita harus kembali memahami software development paradigms, frameworks, & standards. Memahami MSF, RUP, IEEE standards for software engineering, CMM, ISO for software engineering, model waterfall, spiral, prototyping, Rapid Application development, adalah bagian darinya.

Managing the processes. Beberapa pemahaman umum yang harus diterapkan : pilih model proses, dan fahami karakteristiknya. Tentukan deliverablenya, dan tentukan upaya yang harus dikeluarkan. Pikirkan kemampuan resource untuk mewujudkannya. Tentukan mekanisme yang sejelas mungkin untuk permintaan perubahan. Ada beberapa isu kunci di sini : 1) bagimanamempercepat proyek ketika ada aktifitas yg terganggu/ tertunda  2) bagaimana kita memanage ulang jika ada perubahan lingkup pekerjaan tetapi tidak diikuti oleh perubahan waktu dan biaya.

Managing the resources. Beberapa pemahaman umum yang harus diterapkan : Pilih organisasi proyek, peran-peran, orang-orang, dan pahami karakteristiknya. Tetapkan pelimpahan tugas dan ukuran kinerja yang dipakai. Ada beberapa isu kunci di sini : 1) bagimana mengatur kembali pelimpahan tugas jika ada perubahan lingkungan internal seperti reource yang resign, dipromosi, dll.  maupun perubahan eksternal.

Managing the qualities. Beberapa pemahaman umum yang harus diterapkan : Pilih parameter kualitas.Tetapkan mekanisme Quality Assurance-nya. Ada beberapa isu kunci di sini : 1) Bagaimana mengatur ulang quality apabila ada perubahan lingkup yang tidak diikuti oleh perubahan biaya dan waktu.

Managing Project Trade-Off. Ada 3 hal yang harus seimbang, yaitu 1) features 2) resources, 3) schedule.

Why the project fails. Beberapa penyebabnya bisa berupa keterbatasan teknologi, isu human, permainan politik, pembiayaan, dan metodologi pengerjaan proyek. 

2 Balasan ke Managing Software Development Projects

  1. Guntar mengatakan:

    Nice post🙂

    Tampaknya akan menarik bila ada pembahasan tentang komparasi dari metode spiral, protoptyping dan RAD (termasuk extreme programming). Bagaimanakah memilih metode yg tepat? apa saja trade off dan kondisi yg harus diperhatikan?🙄

  2. Harmi Prasetyo mengatakan:

    thanks buat masukannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: