Menampilkan data Per Halaman

**ceritanya saya lagi melamun dan membayangkan saya mempunyai database yang jumlah recordnya ribuan baris bahkan lebih.. nah data segitu banyaknya mau saya tampilkan supaya bisa dibaca oleh pengunjung web saya.. permasalahannya adalah kalau query data lebih dari 60 detik akan timeout.. nah lohh.. bingung kan?… gak perlu binun.. coba baca bukunya pasti ndak bingung.. eitss jangan nanya buku apa?.. pokoknya asal buku bacaaan degh.. nahh makin bingung yahh??… saya ndak akan menyuruh anda untuk mencari jawabannya dengan membaca buku itu koq.. tapi hanya meminta anda membuka-buka buku itu kemudian perhatikan bagaimana buku itu disusun sampai jadi buku yang enak dibaca… Loh sebentar!!!.. ini mau ngebahas PHP atau mau bikin buku??..

sabarr mass.. orang sabar disayang Tuhan.. loh apa hubungannya.. ndak ada yah..

maksud saya masss.. kalau tulisan dibuku itu tadi ditulis menyambung terus kebawah kebayang gak berapa panjang kertas yang dibutuhkan untuk mencetaknya?.. jadi kasusnya hampir sama kan yah seperti masalah yang saya temui dengan database yang jumlahnya ribuan tadi…

nahh udah ada gambaran kira-kira apa hubungannya buku dengan database tadi?…

Yak bener sekali jawabannya.. Loh yang jawab siapa yah?… belum ada yah.. heheheh gpp

maksud saya begini loh.. kalau buku saja bisa dibuat perhalaman agar enak dibaca dan praktis kenapa database tidak bisa dibuat sama yaitu ditampilkan per halaman… seperti buku itu tadi…

Akhirnyaaa… dapat ide juga yaitu “menampilkan data per halaman” 

mmm… meskipun baru ide tetapi sepertinya ide bagus juga.. akan tetapi bagaimana caranya???…. NAHHH ITU YANG PENTINGG…

nahh jangan takut yahh.. mari ikut saya untuk melihat proses pembuatan buku ini sampai bisa di terbitkan..LOH??? koq BUKU Lagii????!!!!…

eh mangafff manggafff maksud saya membuat paging dengan PHP dan MySQL

nahh getuuu dongg baru okkk….. mang gimana caranya??..

sabar mas sabarr… si mas udah bawa bekal apa saja?… Loh bekal apaan??.. memang perlu bawa apa saja??…

begini lohh yang jelas mas perlu bawa bekal

  1. Dasar pemrograman PHP dan dasar MySQL… kalau belum bawa yang belajar ini dulu..
  2.  Kopi tubruk biar ndak ngantuk..
  3. komputer yang dilengkapi dengan keyboard dan perangkat pendukung.
  4. Print OUT artikel ini biar ndak lupa..

Ok saya sudah bawa semuanya suhu…. Wuihhh ada yang manggil suhu..udaraa kalii ada suhunya..

Baik kita mulai jalan-jalan yah..

1. disini saya punya database bukutamu yang berisi tabel komentar yang terdiri dari field-field sbb:

  • nama
  • tglditulis
  • komentar

2. Kalau kita hendak menampilkan semua data yang ada cukup buat script seperti dibawah ini:

========================================

<?

$que =mysql_query(“SELECT * FROM komentar”);

while($row=mysql_fetch_array($que)){

echo “Nama : $row[nama]<br>”;

echo ” Tgl : $row[tglditulis]<br>”;

echo “Komentar : $row[komentar]<p>”;

}

?>

=============================

nahh coba simpan script diatas kemudian buka dengan browsernya mas.. apa yang ditampilkan.. nahh benar memang seluruh datanya yang ditampilkann..

Nah Terus Pagingnyaa gimanaa dongg??… Sabarr ikutin terus yahh..

3. nah disini kita mulai buka perbekalan.. kita ambil dulu dasar-dasar MySQL kita.. nah udah dibuka bekalnya?.. sekarang coba buka bagian yang menjelaskan tentang LIMIT di MySQL.. nah udah baca kan??.. jadi ndak perlu saya jelaskan yah.. kan udah tahu.. jadi langsung saja penggunaanya saja yah.. sekarang coba kita buat script yang serupa diatas akan tetapi kita akan membuatnya dengan LIMIT .

========================================

<?

$que=mysql_query(“SELECT * FROM komentar LIMIT 0,5);

while($row=mysql_fetch_array($que)){

echo “Nama : $row[nama]<br>Tgl : $row[tglditulis]<br>Komentar : $row[komentar]<p>”;

}

?>

==================================

Simpan script ini kemudian buka dengan browsernya mas… yukkkk…

apa yang terjadi mas???.. koq bengong??.. yak bener sekalii cuma 5 baris data yang muncul tidak semua data seperti yang pertama kan??..

Wahh benerr cuma 5 bariss… wah hebattt… eitsss tapi data berikutnya nampilkannya gimana?…

sabar mass.. ayukk jalan lagii masss…

4. nah sekarang sudah ada gambaran kan bagaimana menampilkan data yang dibatasi.. nah sekarang bagaimana sihh membuatnya menjadi berhalaman-halaman.. sabar yahh.. ikutin teruss makanyaa…

coba sekarang kita akan membuat data ini ditampilkan 5 baris per halaman… setuju??..  pokoke setuju… karena setuju. langsung saja coba buka bekal PHP kamu terus baca-baca mengenai fungsi IF dan variabel terdefinisi…

===================================

<?

if(empty($_GET[start])){

$st = “0″;

}else{

$st = $_GET[start];

 $que=mysql_query(“SELECT *FROM komentar LIMIT $st,5);

while($row=mysql_fetch_array( $que)){

echo “Nama : $row[nama]<br>Tgl : $row[tglditulis]<br>Komentar : $row[komentar]<p>”;

}

 $que2=mysql_query(“SELECT * FROM komentar”);

$num=mysql_num_rows($que2);

$hal = ceil($num/5);

echo “Halaman :” 

for($i=1;$i<=$hal;$i++){

$page=$i-1; 

echo “[][<a href=$_SERVER[PHP_SELF]?start=$page>$i</a> ] []“;

?>

===========================================

nahh coba simpan script itu kemudian akses dengan browser.. Duenggg!!!! Koq bisaa yahhh…. nah kann sekarang sudah muncul halamannya dan datanya bisa diakses per halaman…  itu baru cara paging yang amat sederhana sekali… kalau mau lebih komplek lagi.. belajar lagii yahh… hehehe…

huahemmm udah ngantukk nihh… maaf yah ndak sempat njelasin detailnya.. tapi semoga sudah cukup membuat kita ada gambaran bagaimana membuat paging dengan PHP…

sugeng ndaluu… huahemm…

About these ads

6 Balasan ke Menampilkan data Per Halaman

  1. danang mengatakan:

    mas,saya mau tanya :
    1. Bagaimana cara memberi kalender,jam,kotak tamu,artikel tetapi dihalaman blog yang berbeda?
    2.bagaiman caranya/tahapan-tahapan menggunakan friendster?
    terima kasih atas jawabannya mas>>>>>

  2. Iwan mengatakan:

    Saya pernah membaca penggunaan limit dalam query untuk menampilkan sebagian data saja. Bagaimana cara menampilkan, misalnya data dari no-5 sampai no 30, atau data dari x sampai y, bukan perhalaman?

  3. gatot mengatakan:

    mas scriptnya ok, tapi saya masih dapat kendala nich di hal pertama semua berjalan lancar semua tampil begitu juga link ke hal yang ada dan masalahnya ada disini yaitu pada saat link ke hal berikut semuanya berjalan tanpa ada pesan error namun datanya tidak tampil

    mohon bantuannya ya

  4. simkesugm06 mengatakan:

    Tulisan ini menurut pemula seperti saya sangat menarik, menurut jadwal simkes06 Jumat 09/03/07 mas Dani mau cerita banyak tentang Blog, makasih ya mau share dengan teman-teman simkes06.

    Chandra

  5. ari mengatakan:

    Wah…mau menampilkan perhalaman.. tetapi kok berubahnya satu2..
    jadinya 4 data yang lama masih ditampilkan ditambah 1 data baru dibawahnya dan hanya satu data lama yang hilang..piye mas????
    mohon bantuannya cara merubahnya menjadi berubah seluruh data baru…
    maklum,baru pemula…

    trim’s ya…

  6. adi mengatakan:

    wah boleh dicoba tuh… coz dpet tugas buat halaman kyk bgtu… thanks ya mas… matur nuhun….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: